Saturday, February 03, 2007

Pelukan Sebagai Terapi

Riset membuktikan bahwa pelukan dapat menyembuhkan masalah fisik dan emosional yg dihadapi manusia di zaman serba stainless steel dan wireless ini. Bukan hanya itu saja, para ahli mengemukakan bahwa pelukan bisa membuat kita mengatasi stress dan depresi, mempererat hubungan keluarga.

Helen Colton, penulis buku The Joy of Touching juga menemukan bahwa ketika seseorang disentuh, hemoglobin dlm darah meningkat hingga suplai oksigen ke jantung dan otak lebih lancar, badan menjadi lebih sehat dan mempercepat proses penyembuhan. Maka bisa dikatakan bahwa pelukan bisa menyembuhkan penyakit "hati" dan merangsang hasrat hidup seseorang.

JENIS - JENIS PELUKAN

The Full Body Hug
Merupakan pelukan yg paling hangat dan akrab dimana keduanya tidak hanya saling berangkulan erat tapi jg sangat dekat hingga dapat merasakan kehangatan tubuh dan detak jantung masing2. Cocok diterapkan untuk pasangan, orangtua, atau orang yg secara emosional sangat dekat dgn kita. Dengan jarak tubuh yg hampir menyatu ini, kamu dan dia akan merasa lebih lega, aman dan terlindungi.

The Bear Hug
Jenis pelukan yg paling popular, ekstrim dan antusias. Seperti beruang yg sedang berpelukan, sepasang lengan besar (biasanya pria) akan merangkul erat sepasang lainnya, mengangkat tubuhnya dan berputar putar dgn girang. Biasanya dilakukan ketika bertemu dgn seseorang yg kita cintai namun sudah lama tidak saling berjumpa.

The One Arm Hug
Buat kaum adam yg pasang gengsi tinggi atau canggung untuk berpelukan sesama jenis namun ingin menyampaikan bahwa mereka saling mendukung satu sama lain, pelukan dgn satu lengan ini adalah jurus yg paling tepat.

The A - Frame Hug
Satu lagi jurus memeluk bagi mereka yg masih segan adalah merangkul bahu namun dgn jarak kaki yg sangat sopan satu sama lain untuk mengurangi kontak. Dari samping, tubuh kedua orang tsb akan membentuk huruf A.

The Quick Greeting Hug
Pelukan ringan sekedar untuk "say hello" atau "good bye". Biasanya bisa disertai tepuk punggung, cium pipi kiri-kanan, atau air kiss.

The Back Pat Hug
Tidak bs dibilang pelukan sebenarnya, karena jenis yg satu ini lebih seperti tepukan sayang di punggung untuk sohib sekedar untuk menyampaikan, "Hey, Man! Aku tau kamu pasti bisa!" atau "Kamu bisa percaya sama aku, kawan!"

The Lip Lock
Ini dia trik untuk membuat pasangan kamu terpana dan tidak bisa bicara. Pelukan ini hampir sama dengan yg biasa dipraktekkan waktu slow dance, namun lebih dekat dan mesra lagi.

The Soothing Hug
Pelukan yg menenangkan dan menghibur, biasanya diberikan kepada anak2 atau yg sedang berduka. Tidak hanya rangkulan, pelukan jenis ini jg berbonus kata2 membangun serta elusan sayang di kepala dan punggung.

The Group Hug
Berpelukan tidak hanya dilakukan oleh 2 orang saja, tapi juga bisa melibatkan satu tim. Biasanya dengan melingkarkan lengan satu sama lain membentuk lingkaran atau saling tumpang tindih.

Sekarang, setelah mengetahui jenis dan kapan mempraktekkan pelukan2 di atas, berikanlah satu yg terbaik untuk orang yg kita sayangi. Jangan menunggu sampai terlambat. Selama kesempatan masih ada, katakanlah cinta dengan kedua lenganmu.

0 comments:

Blog Widget by LinkWithin

The News from Out There

Five Years Gold Price


gold price charts provided by goldprice.org