Saturday, January 20, 2007

Four Success Reasons

Kesuksesan tidak selalu datang tiba-tiba. Ada empat alasan yang mendorong seseorang menjadi sukses. Apa saja keempat alasan itu?

Empat alasan seseorang menjadi sukses yang akan disampaikan berikut ini adalah versi Edward D'Bono. Beliau adalah seseorang yang memfokuskan studinya pada bidang psikologi kreativitas. Salah satu buku hasil karya beliau yang terkenal adalah “Lateral Thinking”.

Dalam buku tersebut, beliau bercerita tentang taktik. Dari hasil mencari beberapa kesamaan yang dimiliki oleh orang-orang sukses, beliau menemukan empat alasan yang mendorong seseorang menjadi sukses.

Pertama adalah luck (keberuntungan). Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sukses terjadi karena kebetulan. Menurut Edward D'Bono, memang ada orang sukses karena mendapatkan keberuntungan. Misalnya, tiba-tiba mendapat lotre senilai USD 1 juta (sekitar Rp 8,5 miliar) atau menikah dengan orang yang sangat kaya. Bisa juga tiba-tiba bisnis yang sedang digeluti mendapatkan order dalam jumlah besar. Tiga contoh itu adalah kesuksesan karena kebetulan.

Kedua adalah very talented (sangat berbakat). Seseorang menjadi sukses karena dia memang mempunyai kapabilitas yang luar biasa di segala sisi. Salah satu contoh konkritnya adalah Mozart. Dalam usia empat tahun dia sudah mampu bermain piano dengan permainan yang luar biasa bagus. Mozart ini adalah salah satu contoh orang yang very talented. Contoh lain adalah Richard Clayderman, seorang pianis moderen yang juga sangat berbakat di bidangnya. Di bidang olah raga salah satu contohnya adalah Tiger Wood, seorang pemain golf yang very talented.

Ketiga adalah you are on a growing business sector. Anda sukses karena melakukan bisnis di sektor yang sedang tumbuh pesat. Contohnya, orang-orang yang melakukan bisnis komputer di tahun 1985-an kebanyakan relatif berhasil. Di antara tahun 1995-2000, orang yang berbisnis internet juga banyak yang mendapatkan sukses. Jika Anda melakukan bisnis di sektor yang sedang tumbuh, kemungkinan untuk menjadi sukses akan lebih besar.

Keempat adalah you are little bit mad. Anda harus sedikit gila kalau ingin meraih sukses. Sedikit gila memang tidak selalu menghasilkan hal negatif.

Dalam Majalah Swa ada sesuatu yang menarik, yakni pengusaha-pengusaha gila yang meraih sukses. Hal ini menunjukkan kalau a little bit mad ternyata banyak mendapatkan keberuntungan atau kesuksesan. Contohnya adalah Richard Bronson, bos Virgin Airliner dan Virgin Record. Dia adalah orang yang sukses karena sedikit gila.

Yang perlu diingat adalah kalau kita hanya menjadi “orang biasa”, maka kita tidak akan cepat meraih sukses. Kita harus berani membuat perbedaan dengan orang lain.

No comments:

# How to delegate to ENTER Group Validator using Chrome/Brave wallet browser

This documentation will guide you to delegate to ENTER Group Validator Harmony Wallet To start delegating to ENTER Group validator you need ...

Popular Posts